Jumat, 26 Maret 2010

Bab 8 (IPS Terpadu Kelas VII)

BAB 8
KONDISI GEOGRAFIS DAN PENDUDUK

Kondisi geografis adalah letak suatu daerah atau suatu negara berdasarkan kenyataannya di muka bumi atau berdasarkan tata benua dan tata samudera.
Indonesia terletak di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta di antara Benua Asia dan Benua Australia.
Angin muson barat membawa uap air dan menyebabkan hujan di Indonesia pada bulan Oktober sampai dengan Maret.
Angin muson timur kurang membawa uap air dan menyebabkan musim kemarau di Indonesia pada bulan April sampai dengan September.
Penduduk adalah semua orang yang menetap di suatu daerah tertentu dalam waktu tertentu. Sensus penduduk adalah rangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan, pengolahan, dan penerbitan keterangan mengenai penduduk di suatu daerah atau negara dalam waktu tertentu. Sensus penduduk adalah pendataan seluruh orang di wilayah tertentu.
Registrasi penduduk adalah pencatatan mengenai data kependudukan mulai dari tingkat terendah. Pertumbuhan penduduk terdiri atas pertumbuhan penduduk alami, pertumbuhan penduduk total, dan pertumbuhan penduduk geometri.
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk adalah kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan migrasi penduduk. Tingkat kepadatan penduduk terdiri atas tiga macam, yaitu kepadatan penduduk kasar, kepadatan penduduk fisiologis, dan kepadatan penduduk agraris. Piramida penduduk adalah komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin yang disajikan dalam bentuk piramida.
Bentuk-bentuk piramida penduduk ada tiga macam, yaitu bentuk limas, bentuk granat, dan bentuk batu nisan.
Kualitas penduduk adalah kemampuan manusia (penduduk) untuk mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk meningkatkan kesejahteraannya.
Ruang lingkup kajian geografi antara lain geografi fisik, geologi, geomorfologi dan geografi tanah, meteorologi dan klimatologi, hidrologi dan biogeografi, serta geografi sumber daya alam.
Ruang lingkup kajian tipologi wilayah antara lain meliputi : a) Letak : letak astronomis, geografis, geologis, kultur historis, dan letak geomorfologis b) Luas dan bentuk c) Batas wilayah Lingkungan geografis sangat berpengaruh terhadap keadaan penduduk, yaitu terkait dalam usahanya memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya di berbagai bidang berikut. a) Ekonomi : usaha penduduk dalam beradaftasi dengan lingkungan seperti perburuan, meramu, pertanian, peternakan, pertambangan, perikanan, perindustrian, perdagangan, dan jasa. b) Kebuadayaan : kebudayaan kegiatan (misalnya kegiatan social, kegiatan budaya yang bersifat ekonomis seperti membatik, membuat cinderamata, dan sebagainya), kebudayaan kejiwaan (misalnya kegiatan politik, kegiatan rohani, dan sebagainya), dan kebudayaan kebendaan (misalnya candi, bangunan tempat tinggal, kendaraan, alat rumah tangga, dan sebagainya).

Sumber : Kurtubi. 2009. Sudut Bumi IPS Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tim Abdi Guru. 2007. IPS Terpadu untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar: