Kamis, 20 November 2008

ERFIN YUDAGRAHA 0607171

NAMA : ERFIN YUDAGRAHA

NIM : 0607171

Kls :B

UTS GEO POLITIK SOAL KELOMPOK 5

  1. Jelaskan salah satu definisi geografi politik dan analisi aspek-aspek persamaannya dengan definisi geografii?

Jawaban :


Geografi Politik merupakan cabang geografi manusia yang bidang kajiannya adalah aspek keruangan pemerintahan atau kenegaraan yang meliputi hubungan regional dan internasional, pemerintahan atau kenegaraan dipermukaan bumi.

Sedangkan pengertian geografi menurut Bintarto (1977) merupakan studi yang mempelajari fenomena alam dan manusia dan keterkaitan keduanya di permukaan bumi dengan menggunakan pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah. Dalam pengertian itu beberapa aspek yang esensial, yaitu (1) adanya hubungan timbal balik antara unsur alam dan manusia (reciprocal). (2) Hubungan itu dapat bersifat interelatif, interaktif, dan intergratif sesuai dengan konteksnya. (3) cara memadang hubungan itu berisifat keruangan.

Aspek persamaan antara definisi geografi politik dengan definisi geografi yaitu memiliki cakupan obyek yang sama yaitu manusia, dan keterkaitan antara manusia dengan ruang serta keterpaduan antara prinsip penyebaran, interelasi dan deskripsi. Fenomena atau masalah manusia dalam satu ruang dipermukaan bumi...

  1. bandingkan kelebihan dan kekurangan negara dengan wilayah yang sangat luas dengan negara yang wilayahnya kecil saja.jelaskan dengan beberapa contoh?

Jawaban :


negara dengan wilayah yang sangat luas yaitu

kelebihan

ü bagus sekali untuk menjadi negara agraris

ü memiliki sumber daya alam yang melipah

ü memiliki banyak etnis, suku bangsa

ü banyak tempat yg bisa dijadikan sektor pembangunan dalam segi pariwisata.

ü Memiliki Budaya yang lebih banyak dan lebih berkarakter,

ü Memiliki makanan traditional lebih bermacam-macam

ü Memiliki banyak tenaga kerja

Kekurangan

ü Kurangnya sumber daya manusia yang mengelola sumber daya alam yang ada.

ü lebih memfokuskan pembangunan terhadap pemerintahan pusat sehingga tidak ada keteraturan yg seimbang. Semuanya tergantung kepada pusat

ü sulitnya pemenuhan kebutuhan pokok yaitu makanan, sandang dan perumahan

ü terjadi penumpukan penduduk di daerah pusat karena tidak meratanya pembangunan

ü memiliki banyak etnis, suku bangsa dan agama menyebabkan sering terjadi konflik

ü susah untuk mengatur penduduknya karena terlalu banyak

negara dengan wilayah yang kecil yaitu

kelebihan

ü mampu memfokuskan semua sektor untuk pembangunan karena yang di bangun lebih sediki

ü Letak geografis yang dekat dengan pemerintah pusat

ü mudah mengatur penduduknya karena jumlahnya sedikit

ü karena memiliki wilayah yang tsedikit sehingga jarang sekali ada tempat yang terisolir dari pusat

ü memiliki banyak etnis, suku bangsa

ü memiliki sedikit etnis, suku bangsa dan agama sehingga jarang sekali terjadi konflik

ü jarang sekali adanya gerakan sparatis

kekurangan

ü untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan cara mengimport dari negara lain

ü Terjadinya suatu kepadatan penduduk

ü jumlah kekayaan SDA yang ada, hanya sedikit

ü kurangnya sarana pariwisata

ü susah sekali untuk memajukan negara dari sektor agraris

Antara Singapura dan Indonesia

Singapura adalah sebuah negara kecil yg mampu di awasi secara ketat. dari segi pemerintahan, mereka mampu memfokuskan semua sektor untuk pembangunannya. Tidak seperti Indonesia yang memiliki banyak kota dan setiap kota memiliki pemerintahannya masing-masing. Dalam segi pembangunan, pemerintah tidak memaksimalkan dan memfokuskan segala yang ada. Mereka lebih memfokuskan pembangunan terhadap pemerintahan pusat yg tak lain berada di Jakarta. oleh sebab itu tidak ada keteraturan yg seimbang. semuanya terpusat. Padahal banyak kota yg bisa dijadikan sektor pembangunan dalam segi pariwisata.

Singapura cerdik dalam hal ekonomi. Mereka yang tidak memiliki SDM/SDA yg memadai. tapi bagaimana mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup?mereka mengimport beras dari thailand, Indonesia, atau vietnam. mereka mendapatkan air dengan meminta bantuan malaysia atau pun Indonesia. Segala macam sayuran, mereka dapat dari Indonesia dan Malaysia. Hal yang sama pun dalam mendaptkan daging, mereka mengambil dari Australia atau Indonesia.
Sedangkan Indonesia, mereka tidak perlu banyak mengimport SDM/SDA karena mereka sudah memiliki hal tersebut. Hanya saja, Indonesia tidak mampu untuk menjaga dan menggunakannya.

Singapura sangat ketat dalam peraturan.Mereka meminta para pejalan kaki menyebrang melalui zebra cross lalu membuang sampah dalam tempat sampah. sekarang mereka menerapkan kepada warganya untuk tidak merokok di zona-zona tertentu.

Mereka juga membuat rapi jalanan, memberikan tanaman sebgai hiasan lalu bangku sebagai tempat pelepas penat.

Bila kita bandingkan dengan Indonesia, mana ada tempat-tempat nyaman seperti itu di jalan?apakah ada tempat yang nyaman untuk para pejalan kaki?Malahan, tempat yang seharusnya untuk para pejalan kaki dipergunakan untuk berjualan untuk para pedagang kaki lima. Begitulah indonesia...
kami hidup dikelilingi oleh polusi udara....

singapura Tapi tak selamanya yang menyenangkan itu mengasyikan. Padahal di negeri sendiri mash banyak yg bisa di puji.

Budaya Indonesia lbh banyak dan lbh berkarakter, makanan traditional Indonesia lebih bermacam-macam. Mari kita rawat dan pelihara segala budaya kita, daripada segala yang kita miliki diambil oleh negara tetangga.

Seyogyanya kita bisa lebih mau menghargai negara sendiri, Karena Indonesia tetaplah negara kita, tanah air kita tempat lahir kita.
Meskipun begitu Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus kita maklumi ,Kepadatan penduduk penting sekali atrinya untuk mengetahui perkembangan penduduk suatu daerah/negara dan untuk mengetahui gejala-gejala social masing-masing daerah/negara tersebut.Terjadinya suatu kepadatan penduduk dapat kita terlebih dahulu kelebihan penduduk, kekurangan penduduk, penduduk optimum, dan peledakan penduduk.

Antara malaysia dan Indonesia

Di Malaysia, jarang terlihat orang2 yang terlalu kaya
dan yang terlalu miskin, masyarakat pada dasarnya samarata, ini tidak saya
lihat di Indonesia, terlalu ramai orang miskin yang seolah2 tidak
diperdulikan oleh pemerintah.  Di Indonesia  kita memiliki banyak etnis, suku bangsa, tetapi tidak ada diskriminasi seperti di Malaysia mereka hanya terdiri dari 3 suku
bangsa utama, India, melayu dan china, tetapi etnis minoritas merasa di
tekan dalam kehidupannya, kita di Indonesia tidak ada namanya suku
minonritas, karena kita memiliki Bhineka Tunggal Ika, karena kita mengakui
keragaman, kita bangsa Indonesia bisa   tidak mendeskriminasikan suku-suku
 tertentu. Semua bebas mendapat fasilitas dan kesempatan yang sama. Kita
 banyak memiliki suku bansa suku aceh, dayak, papua, jawa, bali, batak,
 ambon, cina dan lainya. Kita hidup dalam kerukunan yang indah. Inilah
 kelebihan Indonesia.
memang Malaysia, bisa berkembang lebih cepat kenapa kita lihat

dari luas wilayah, mereka bisa lebih maju karena yang mereka bangun lebih

sedikit, dan kita harus membangun luas wilayah yang luas dengan dipersatukan

lautan yang luas, maka mungkin pembangunan di Indonesia memerlukan waktu

yang lebih lama, tetapi di beberapa kota telah berkembang dengan baik, jadi

jangan terlalu menyalahkan pembangunan yang lambat, dengan luasnya negera

Indonesia biaya untuk membangun, lama waktu membangun akan lebih lama dan lebih besar




  1. batas negara merupakan salah satu system negara yang dapat menjadi sumber konflik dengan negara tetangga, padahal setiap negara memiliki batas yang pasti seperti yang terdapat dalam peta. Mengapa demikian?

Jawaban :

Beberapa segmen garis batas baik di darat maupun di laut belum disepakati secara menyeluruh oleh negara-negara yang berbatasan dengan negara tetangga. Permasalahan yang sering muncul di perbatasan adalah pemindahan patok-patok batas akibat fenomena alam maupun tangan manusia yang implikasinya menyebabkan kerugian bagi negara secara ekonomi dan lingkungan. Namun secara umum, titik koordinat batas negara di darat pada umumnya sudah disepakati. Permasalahan batas yang perlu diprioritaskan penangannya saat ini adalah perbatasan laut, dimana garis batas laut, terutama Batas Landas Kontinen (BLK) dan batas Zona Ekonomi Ekskluisf (ZEE), sebagian besar belum disepakati bersama negara-negara tetangga. Belum jelas dan tegasnya batas laut antara Indonesia dan beberapa negara negara tertentu serta ketidaktahuan masyarakat, khususnya nelayan, terhadap batas negara di laut menyebabkan terjadinya pelanggaran batas oleh para nelayan

masalah perbatasan masih belum mendapat perhatian yang cukup dari pemerintah. Hal ini tercermin dari kebijakan pembangunan yang kurang memperhatikan kawasan perbatasan dan lebih mengarah kepada wilayah-wilayah yang padat penduduk, aksesnya mudah, dan potensial, sedangkan kebijakan pembangunan bagi daerah-daerah terpencil, terisolir dan tertinggal seperti kawasan perbatasan masih belum diprioritaskan. Disamping itu secara historis, hubungan suatu negara dengan beberapa negara tetangga pernah dilanda konflik, serta seringkali terjadinya pemberontakan-pemberontakan di dalam negeri.

Konsekuensinya, persepsi penanganan kawasan perbatasan lebih didominasi pandangan untuk mengamankan perbatasan dari potensi ancaman dari luar (external threat) dan cenderung memposisikan kawasan perbatasan sebagai sabuk keamanan (security belt). Hal ini telah mengakibatkan kurangnya pengelolaan kawasan perbatasan dengan pendekatan kesejahteraan melalui optimalisasi potensi sumberdaya alam, terutama yang dilakukan oleh investor swasta.

Di beberapa kawasan perbatasan terdapat tanah adat/ulayat yang berada di dua wilayah negara. Tanah ulayat ini sebagian menjadi ladang penghidupan yang diolah sehari-hari oleh masyarakat perbatasan, sehingga pelintasan batas antarnegara menjadi hal yang biasa dilakukan setiap hari. Keberadaan tanah ulayat yang terbagi dua oleh garis perbatasan, secara astronomis memerlukan pengaturan tersendiri serta dapat menjadi permasalahan di kemudian hari jika tidak ditangani secara serius.

  1. apakah yang anda ketahui tentang isu pemanasan global dan politik dagang internasional

Jawaban :

Pemanasan global (global warming) pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Berbagai literatur menunjukkan kenaikan temperatur global yang terjadi pada kisaran 1,5–40 Celcius pada akhir abad 21.

Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio-geofisik (seperti pelelehan es di kutub, kenaikan muka air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, punahnya flora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan hama penyakit, dsb). Sedangkan dampak bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat meliputi : (a) gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai, (b) gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jaringan jalan, pelabuhan dan bandara (c) gangguan terhadap permukiman penduduk, (d) pengurangan produktivitas lahan pertanian, (e) peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit, dsb). Dalam makalah ini, fokus diberikan pada antisipasi terhadap dua dampak pemanasan global, yakni : kenaikan muka air laut (sea level rise) dan banjir.

politik dagang internasional

politik perdagangan akan menuntun para pebisnis menghadapi perdagangan bebas.Perdagangan bebas biasanya didukung dengan kuat oleh sebagian besar negara yang berekonomi kuat, walaupun mereka terkadang melakukan proteksi selektif untuk industri-industri yang penting secara strategis seperti proteksi tarif untuk agrikultur oleh Amerika Serikat dan Eropa. Belanda dan Inggris Raya keduanya mendukung penuh perdagangan bebas dimana mereka secara ekonomis dominan, sekarang Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Jepang merupakan pendukung terbesarnya. Bagaimanapun, banyak negara lain (seperti India, Rusia, dan Tiongkok) menjadi pendukung perdagangan bebas karena telah menjadi kuat secara ekonomi. Karena tingkat tarif turun ada juga keinginan untuk menegosiasikan usaha non tarif, termasuk investasi luar negri langsung, pembelian, dan fasilitasi perdagangan. Wujud lain dari biaya transaksi dihubungkan dnegan perdagangan pertemuan dan prosedur cukai.

  1. ketahanan pangan adalah bagian dari ketahanan bangsa mengapa?

Jawaban :

Pangan merupakan sesuatu yang sangat vital bagi tumbuh kembangnya suatu negara, karena keberlanjutan pembangunan suatu negara akan sangat bergantung pada tercukupinya kebutuhan pangan warganegaranya. Begitu strategisnya peran pangan bagi keberlangsungan kehidupan spesies manusia, teori Maslow tentang kebutuhan manusia mengemukakan, bahwa pangan adalah basic need yang menduduki peringkat pertama dari serentetan kebutuhan lainnya. Dalam konteks universal, pangan telah ditempatkan sebagai bagian dari hak asasi manusia,

Pemenuhan kebutuhan pangan akan selalu berkonteks sosial, tidak sekedar untuk memenuhi logika pasar, yang hanya terbatas pada terminology permintaan dan penawaran. Artinya, pemenuhan kebutuhan pangan akan menyangkut relasi antara orang yang satu dengan orang yang lain, dalam hubungannya terhadap pangan. Berkaitan dengan konteks relasi tersebut, negara memiliki peranan penting dalam pengelolalan ekonominya, melalui berbagai produk kebijakan, guna menjamin suatu kondisi kecukupan pangan. Sebab negara memiliki otoritas untuk mengkonsolidasikan berbagai macam sumberdaya ekonomi dan politik yang tersedia, untuk kepentingan tersebut.

Dalam kebutuhan praktis kenegaraan, pangan merupakan instrumen untuk memperkuat basis material negara, sebagai sarana menjalankan fungsi reproduksi sosial. Pangan memiliki kekuatan untuk menjawab kebutuhan politis dari negara terhadap warganegaranya. Relasi negara dengan masyarakat memberikan gambaran adanya penyerahan sebagian hak masyarakat kepada negara. Masyarakat tunduk patuh untuk menjalankan serangkaian kewajiban yang dibebankan negara kepadanya. Sementara negara memiliki kewajiban untuk melakukan pemenuhan (to fulfil) hak-hak warganegara, sebagai kompensasi dari kepatuhan dan penundukan diri tersebut. Hubungan dilegitimasikan melalaui konstitusi, sebagai kontrak sosial dan politik. Karenanya konstitusi berposisi sebagai norma tertinggi (higest norm) dari suatu negara, yang tak boleh dilanggar dan disimpangi oleh aturan apa pun dan siapa pun, karena disitulah letak penyerahan daulat rakyat kepada negara.

Tidak ada komentar: