Kamis, 20 November 2008

Istimewa 045233

Nama : Istimewa

Nim : 045233

Mata kuliah : Geografi Politik

1. Bandingkan kelebihan dan kekurangan negara dengan wilayah yang sangat luas dengan negara yang wilayahnya kecil saja. Jelaskan dengan beberapa contoh.

Jawaban:

Kelebihan negara dengan wilayah yang sangat luas dengan negara yang wilayahnya kecil saja, antara lain sebagai berikut:

a. Memberikan kemungkinan untuk penyebaran penduduk dan perluasan industri. Contohnya program transmigrasi yang dilaksanaan pemerintahan untuk pemertaan penduduk.

b. Memiliki kemungkinan-kemungkinan sumber daya alam yang lebih banyak, sehingga memberikan kemungkinan untuk menjadi negara besar dan kuat

c. Negara yang luas pada umumnya lebih sukar dikuasai oleh musuh.

Sedangkan kekurangan negara dengan wilayah yang sangat luas dengan negara yang wilayahnya kecil saja, antara lain sebagai berikut:

a. Komunikasi dan kontrol terhadap daerah-daerah yang letaknya jauh dari pusat sulit dan kurang efektif. Contohnya adanya permasalahan perebutan daerah perbatasan atau pulau-pulau kecil/terluar dengan negara tetengga, seperti yang terjadi dipulau simpadan dan ligitan yang dulunya milik negara Indonesia pada akhirnya lepas ke negara Malaysia

b. Potensi daerah yang berbeda-beda serta kondisi alamnya yang berlainan, menyulitkan dalam pemerataan pengembangan dan pembangunan.

2. Negara merupakan satu kesatuan politik yang memperhatikan karakteristik tersendiri sehingga dapat dibedakan antara satu negara dengan negara lainnya. Coba jelaskan hal-hal apa sajakah yang termasuk karakteristik negara.

Jawaban:

Negara merupakan satu kesatuan politik yang memperhatikan karakteristik tersendiri sehingga dapat dibedakan antara satu negara dengan negara lainnya. hal-hal yang termasuk karakteristik negara antara lain sebagai berikut:

a. Lokasi Negara

Lokasi negara dapat dilihat dari lokasi astronomisnya, lokasi maritim dan kontinental, serta lokasi vicinal. Hal tersebut dapat mempengaruh aktivitas dan kehidupan penduduk negara tersebut

b. Luas wilayah negara

Luas wilayah suatu negara tidak selalu identik dengan kekuatan dan kemampuan negara, tetapi wilayah yang luas memberikan keuntungan atau kelebihan bila dibandingkan dengan negara yang luas wilayahnya kecil.

c. Bentuk wilayah negara

Bentuk negara yang paling ideal yaitu bentuk negara yang ibukota negaranya terletak ditengah-tengah wilayah negaranya.

d. Daerah inti dan daerah Ekumene

e. Kelahiran atau sejarah terbentuknya suatu negara

3. Batas negara merupakan salah satu sistem negara yang dapat menjadi sumber konflik dengan negara tetangga, padahal setiap negara memiliki batas yang “pasti” seperti yang terdapat pada peta. Mengapa demikian?

Jawaban:

Batas negara merupakan salah satu sistem negara yang dapat menjadi sumber konflik dengan negara tetangga, meskipun setiap negara memiliki batas yang “pasti” seperti yang terdapat pada peta, hal tersebut dapat terjadi karena perubahan batas negara kadang terjadi setiap saat, akibat masalah fenomena alam. Masalah yang berkaitan dengan fenomena alam misalnya tsunami, kenaikan muka laut, abrasi dan reklamasi pantai, serta masalah aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya perubahan garis pangkal. Permasalahan lain adalah pergeseran dalam struktur dan tata kehidupan politik, bisa terjadi akibat perang, persetujuan-persetujuan baru ataupun penggabungan wilayah. Seperti pemasalahan di negara Indonesia dan Singapura, kegiatan reklamasi si Singapura telah merugikan Indonesia karena banyak pulau terdekat yang dikeruk dan diantar ke Singapura. Selain itu pula biasanya terjadi disintegrasi dan kecemburuan sosial penduduk didaerah perbatasan yang tidak mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

4. Apakah anda ketahui tentang Isu Pemanasan Global dan Politik dagang internasional?

Jawaban:

Yang saya ketahui tentang Isu Pemanasan Global yaitu kekhawatiran semua negara di dunia dengan isu atau masalah rusaknya lingkungan hidup atau alam semesta di permukaan bumi ini yang disebabkan oleh banyak faktor diantaranya yaitu eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) secara berlebihan, radiasi radioaktif dan pencemaran bahan kimia, polusi udara yang dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor CO2, limbah industri/pabrik, efek rumah kaca sehingga terjadinya kerusakan pada lapisan ozon dan menyebabkan timbulnya husan asam, sehingga terjadinya pemanasan global yang merugikan serta mengancam kelangsungan mahluk hidup di dunia.

Sedangkan yang saya ketahui tentang Isu Politik dagang internasional yaitu dengan adanya perdagangan internasional atau pasar bebas bagi negara berkembang lebih banyak menimbulkan kerugian daripada keuntungannya, karena hal tersebut membawa dampak kalah saingnya produk-produk dari negara berkembang jika dibandingkan dengan produk-produk dari negara maju.

5. Ketahanan pangan adalah bagian dari ketahanan bangsa, mengapa?

Jawaban:

Ketahanan pangan adalah bagian dari ketahanan bangsa, karena apabila ketersediaan bahan pangan bangsa terjaga dengan baik maka tidak akan terjadi masalah kelaparan penduduk di dalam negara, sehingga kesejahteraan penduduk ikut terjaga. Pemerintah tidak perlu mengimpor bahan pangan dari negara lain untuk mencukupi kebutuhan pangan penduduk di dalan negeri.

Tidak ada komentar: